You Are Here: Home » Desain Rumah Minimalis » Kumpulan Desain Atap Rumah Minimalis

Kumpulan Desain Atap Rumah Minimalis

Keminimalisan rumah tidak hanya dilihat dari segi ukurannya yang kecil namun juga dari bentuk banguanan runah itu sendiri, termasuk dari segi atap. Atap memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu melindungi pondasi rumah dari segala cuaca selain itu juga berfungsi memberikan suasana sejuk pada rumah. Selain itu, dari segi bentuk, atap juga dapat berfungsi sebagai pembeda antara rumah minimalis dengan rumah dengan konsep lainnya.

Atap rumah minimalis dahulu pada umumnya memiliki konsep miring. Konsep ini bertujuan agar apabila hujan air hujan cepat turun dan jatuh ke tanah. Namun seiring perkembangan waktu atap tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung pondasi namun juga memberikan nilai artistik pada bentuk rumah. Oleh karena itu konsep atap miring mulai berganti dengan konsep datar, dan beberapa waktu belakangan  ini seiring dengan perkembangan desain rumah yang ada perpaduan konsep atap miring dan datar juga semakin berkembang.

Model atap miring tidak sulit kita jumpai pada rumah minimalis. Atap miring sangat umum menjadi desain utama dari atap rumah minimalis. Selain konsep miring konsep atap lainnya yang berkembang adalah konsep datar. Model datar memberi nilai artistik dan keindahan tersendiri pada rumah, terutama rumah yang berbentuk persegi. Dengan model atap datar, bagian atap juga bisa dimanfaatkan seperti sebagai ruang bersantai keluarga, taman, atau lainnya. Sedangkan perpaduan konsep miring dan datar menjadi pilihan utama terutama untuk desain atap rumah minimalis modren.

Selain dari segi bentuk, perkembangan desain atap rumah minimalis juga terjadi pada segi bahan. Kini genting telah tersedia dari berbagai bahan, seperti tanah liat, serat fiber, metal, keramik, aspal dan juga kaca.

Ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan dalam mendesain atap rumah yang akan digunakan, yaitu:

  1. Kondisi cuaca.

Kondisi cuaca daerah perumahan mementukan bentuk dan bahan atap dari rumah itu sendiri. Seperti di daerah panas disarankan memilih atap dengan bahan tanah liat dan memungkinkan menggunakan konsep datar ataupun miring serta kombinasinya.

  1. Ketebalan bahan

Setiap bahan memiliki ketebalan bahan yang berbeda. Semakin tebal bahan maka kualitasnya makin tahan lama. Namun walau pun begitu ada juga atap yang tidak tebal namun memiliki kualitas yang tahan lama.

  1. Kerangka atap.

Yang penting dalam pembangunan atap adalah kerangka. Kerangka atap harus kokoh, selain itu harus tahan lama dari panas matahari dan air hujan. Kerangka yang baik terdiri atas bahan semen atau baja.

  1. Instalasi atap.

Dalam mendesain atap, instalasi harus diperhatikan. Instalasi memntukan kesukaran dan kemudahan dari proses pemasangan atap.

  1. Warna atap.

Bentuk rumah minimalis yang umunya unik dan fress, juga berpengaruh pada warna atap. Pilihlah warna atap yang sesuai dengan rumah, jangan terlalu mencolok dan senada dengan memberikan kesan yang sejuk pada rumah.

Berikut ini beberapa kumpulan desain atap pilihan yang dapat menjadi referensi anda.

04

05

03

02

01

Kumpulan Desain Atap Rumah Minimalis

-212

Leave a Comment


7 + 9 =

© 2013 Rumah Minimalis 36

Scroll to top